APA ITU KEBAIKAN? APA ITU KEBURUKAN?




APA ITU KEBAIKAN ? APA ITU KEBURUKAN ?



Dalam kitab Tijan Ad-Doruri karangan ulama timur tengah yang di syarahi oleh syekh Nawawi Al Bantani. Di dalam Muqoddimah nya menjelaskan tentang Tuhan. Beliau mendeskripsikan Tuhan begini "kita mengenal apa yang mungkin berlaku pada tuhan dan apa yang tidak mungkin bagi tuhan. Ketidak mungkinan tiada itu pasti pada tuhan. Dan yang mungkin bagi tuhan adalah sesuatu yang bisa terjadi pada tuhan dan yang bisa tidak bisa terjadi pada tuhan".

Contohnya yang mungkin dilakukan tuhan adalah Mengadzab / Memasukan orang yang selama hidupnya selalu taat kepada tuhan. Atau juga Seorang nabi yang jelas" taat dari awal hidup sampe matinya malah di masukan tuhan ke dalam neraka.



Mungkin dong tuhan begitu ?

Apakah itu bentuk keadilan tuhan ?

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa orang  yang masuk surga bukan karena keadilan karena logika nya kalo tuhan memasukan orang" ke surga karena keadilan otomatis tidak ada orang yg masuk surga. Jadi tuhan memasukan orang" ke surga karena Rahmat dari nya (kebaikan). Karena dalam Al Qur'an ada kata "وعد" janji baik dan "وعيد" janji buruk.
Keadilan bisa di predikatkan baik dan ketidak adilan bisa di predikatkan buruk.

Apakah baik itu ? Sesuatu yang di puji atau tersanjung.
Apakah buruk itu ? Sesuatu yang tercela atau terhujat.

Jadi kalau apa saja yg di puji itu baik dan apa saja yang di hujat itu buruk ?

Karena kata baik dan buruk itu adalah sesuatu yang abstrak. Bagaimana kita bisa mepredikatkan baik dan buruk, yaitu menemukannya dengan Komparansi, Nalar atau juga Relasi (Sebab-Akibat).
Ada sebuah teori dari Kamen dan Emanuel welcant "Suatu tindakan yang di perintahkan terus dilakukan itu adalah baik dan tindakan yang dilarang itu buruk ". Contohnya Pemimpin isis menyuruh pejuang / jihadis" Isis di layani oleh wanita sebagai budak seks nya ketika sudah berperang. Berarti budak seks atau wanita disini dikatakan baik jika bersedia dan patuh terhadap fatwa pemimpinnya untuk jadi budak seksnya.
Ada juga yg mengatakan sesuatu tindakan itu disebut baik atau buruk karena ditetapkan.
Tetapu Emile Durkhem seorang sosiolog mengatakan " Baik buruk itu tidak ditetapkan akan tetapi bagaimana cara dia melihat masalah sosialnya".
_____________
Jadi intinya Baik dan buruk itu tidak ditentukan oleh siapapun karena ada relativitas. Tindakan apa saja yang sesuai atau memenuhi naluri cinta diri sendiri itu baik dan begitu pun sebaliknya.
(Aden Aang Umar Alam) 


Komentar

Postingan Populer