Kajian Online: Menumbuhkan Semangat Kartini Muda Melalui Kreativitas Pada Saat Pandemi Covid-19

Menumbuhkan semangat kartini muda melalui kreativitas pada saat pandemi covid19, bagaimana sih cara menumbuhkan semangat tersebut? 

Sejarah singkat RA. Kartini lahir pada tanggal 21 April 1876, ayahnya adalah sosok bangsawan di Kota Jepara saat itu, kartini adalah sosok perempuan yang sangat ingin mengetahui segala hal, namun segala hal tersebut dibatasi karna kartini tidak di izinkan pergi atau keluar rumah oleh keluarganya lebih tepat ayahnya.

Nah pada kala itu kartini adalah sosok wanita yang ingin memperjuangkan emansipasi wanita, kenapa? Karena kala itu wanita sangatlah rendah dan tidak memiliki status sosial yang tinggi bahkan sangat di rendahkan dan tidak bisa melakukan apapun selain di dapur. Namun kartini bersikeras untuk memperjuangkan emansipasi wanita dengan sering mengirimkan surat-surat ke pusat colonial Belanda. 

Dari perjuangan kartini ini bisa dihubungkan ke dalam semangat kreativitas wanita muda, apalagi pada saat pandemic covid19 yang mengharuskan orang-orang tetap dia dirumah. 

Point yang terdapat seperti apa? 

1. Kelebihan dari RA Kartini yaitu Pada saat fase-fase di pingit atau tidak boleh bepergian keluar rumah dan hanya didalam kamar saja, ia tidak mati gaya meskipun kondisinya tidak seperti kita saat ini yang mudah untuk berkomunikasi. Ia bisa memanfaatkan waktu yang ada, dapat menggunakannya menjadi peluang ia untuk mengenal dunia luar, meskipun ruang lingkup yang sangat dibatasi.

Nah dari sini bisa kita dapat mengetahui dengan cara mengakses internet yang sangat cukup bagi kita, kenapa? Karna zaman revolusi 4.0 ini mayoritas memiliki handphone dan jaringan internet sangatlah luas, bisa kita gunakan dengan sebaik mungkin, yaitu dengan cara mengadakan kajian online, diskusi online, atau bermain musik online, agar tetap tau keadaan yang sedang terjadi diluar. 

2. Visioner, apa yang kita lakukan sekarang dapat menggambarkan apa yang terjadi pada masa depan. Contohnya seperti pada saat pandemic covid19 ini kita diwajibkan untuk selalu menjaga kesehatan, olahraga, nah salah satunya adalah lebih sering mencuci tangan, nantinya itu akan menjadi kebiasaan terus menerus sampai kapanpun, bahkan sampai nanti punya anak, ketika anak kita melihat bahwa orangtuanya suka menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, akan berdampak positif untuk si anak dengan suka cuci tangan. 

3. Bisa menciptakan solusi dari masalah yang ia dapatkan. Dengan cara apa? misalakan dengan membuat kegiatan masak-masak namun dari dalam rumah, dan hasil masakan tersebut di bagikan kepada yang kurang mampu. Atau menggabungkan teman-teman untuk ikut serta dalam galang dana online untuk virus covid19 dan orang-orang yang kurang mampu.

Wanita itu terbiasa atau terpola otaknya untuk melakukan pekerjaan atau hal yang lebih dari satu secara bersamaan (multitasking), seperti contohnya ibu rumah tangga. 

Apalagi nih tips agar tidak stress ketika dirumah:
1. Ambil Respon
2. Manfaatkan hobi dengan ke ahlian 
3. Cari solusi/cara untuk menyalurkan hoby dan keahlian yang dapat bermanfaat untuk orang lain. 

Komentar

Postingan Populer